Minggu, 20 April 2014

PROPOSAL USAHA “MARTABAK BANGKA”



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Judul Kegiatan
Judul dari kegiatan ini adalah Usaha Martabak Bangka
1.2  Status Usaha
Usaha yang dijalankan adalah rintisan usaha baru
1.3  Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran hanya sekali berbagai bentuk dan beraneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar, dari yang murah hingga yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang di jalankan dan juga pasti perlu memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sederhana dan baik di konsumsi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewa  di pandang masyarakat dengan makanan ini di lakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis, harganya terjangkau dan banyak pula masyarakat yang membelinya dengan rasa yang cukup enak nikmat dan lezat. Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Bangka” untuk dijual. Kaerna makanan ini merupakan makanan selingan dan baik di konsumsi.
1.4  Tujuan Kegiatan
Tujuan dari didirikannya usaha industri “Martabak Bangka” ini adalah:
1.      Untuk menambah penghasilan bagi pemilik usaha maupun penjualnya.
2.      Untuk menarik minat konsumen agar mencicipi makanan lezat ini.
3.      Agar masyarakat mengetahui bahwa jajanan khas Indonesia juga tidak kalah lezat dan higenis dari makanan khas luar negri.
1.5  Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
1.6  Misi
-          Memberikan kualitas yang terbaik
-          Memberikan pelayanan yang terbaik


BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1  Produk
Pemilihan bahan yang di buat ini harus di lakukasn secara tepat agar laku di pasaran.Martabak merupakan jenis makanan yang sudah cukup terkenal.Martabak ini dibuat dari bahan-bahan dengan mutu baik agar hasilnyapun tidak mengecewakan konsumen.Martabak yang akan di produksi pada tahap awal sesuai dengan kapasitas peralatan dan wilayah pemasaran.Uraian jenis produk yang akan dijual memiliki ciri khas rasa, bentuk, maupun ukuran.
2.2  Bahan Baku
Bahan baku Martabak Bangka ini adalah terigu yang mudah di dapat di warung-warung atau pasar terdekat. Bahan baku lain adalah telur,garam.gula,soda kue,blueband,kacang tanah,pewarna kuning,fermipan(pengembang soda),itupun mudah di dapat sehingga bahan baku martabak ini mudah, murah dan praktis.
2.3  Proses Produksi
Proses produksi martabak Bangka
Martabak Bangka akan diproduksi dengan proses sebagai berikut :
1.      Kocok telur ayam hingga putih dan mengembang
2.      Tuang susu cair, margarine, baking powder, dan terigu aduk hingga rata
3.      Tutup adonan diamkan selama 30 menit
4.      Panaskan wajan dadar anti lengket tuangkan 2 sendok sayur adonan, masak hingga gelembung serat. Taburi dengan bahan isi, tutup sebentar angkat
5.      Olesi permukaan martabak dengan margarine
6.      Sajikan dengan dipotong-potong.
2.4  Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1.      Strengths (Kekuatan)
a.       Penyajian dari martabak bangka ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
b.      Harga dari martabak bangka ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua   kalangan masyarakat/konsumen.
c.       Martabak bangka yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih   nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
d.      Perlengkapannya mudah di dapatkan.
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit
b.      Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
3.      Opportunities (peluang/kesempatan)
a.       Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan terutama pada malam hari, sehingga martabak bangka bisa menjadi alternatif sebagai makanan cemilan.
b.      Martabak bangka ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencangkup semua kalangan masyarakat.
4.      Threats (Ancaman)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan-makanan terutama martabak bangka ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha ini.
2.5  Perencanaan Pasar
a.       Segmentasi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani, agar dapat diterima semua kalangan masyarakat tingkat bawah, menengah dan atas.
b.      Sasaran Pasar
Masyarakat sekitar dan para pengemudi kendaraan yang melintasi jalanan depan tempat usaha ini
c.       Strategi Pasar
Strategi yang digunakan adalah :
-          Promosi
-          Pelayanan Prima
2.6  Ketajaman Membaca Peluang Usaha
Alasan memilih usaha ini adalah :
1.      Rasanya enak
2.      Disukai banyak kalangan
3.      Bisa dikonsumsi oleh semua umur
4.      Bahan baku mudah didapat
2.7  Perencanaan Biaya Produksi dan Harga Jual
Perencanaan Biaya Produksi
Asumsi yang digunakan dalam analisis ini adalah sebagai berikut :
1.      Masa pakai tempat selama 3 tahun
2.      Masa pakai gerobak selama 2 tahun
3.      Masa pakai kompor minyak selama 1 tahun
4.      Masa pakai wajan selama 1 tahun
5.      Masa pakai peralatan lain (sendok sayur, spatula, pengaduk, pisau, baskom) selama   1 tahun.


BAB III
ANALISIS BIAYA
3.1 Biaya Investasi
Sewa tempat 1 tahun x 1.200.000                                                 Rp. 1.200.000
Gerobak 1 buah x 1.500.000                                                         Rp. 1.500.000
Kompor minyak 1 buah x 150.000                                               Rp.    150.000
Wajan 1 buah x 50.000                                                                 Rp.      50.000
Biaya lain-lain
(Sendok sayur, spatula, pengaduk, pisau, baskom)                      Rp.      22.000
Total Biaya Investasi                                                                    Rp. 2.922.000

3.2  Biaya Tetap
      Penyusutan tempat 1/36 x 1.200.000                                            Rp.      33.000
      Penyusutan gerobak 1/24 x 1.500.000                                          Rp.      62.500
      Penyusutan kompor minyak 1.12 x 150.000                                 Rp.      12.500
      Penyusutan wajan 1/12 x 50.000                                                  Rp.        4.166
      Penyusutan biaya lain-lain                                                            Rp.        1.833
      Total Biaya Tetap                                                                          Rp.    114.332
3.3  Biaya Variabel
1.      Minyak tanah 2 liter x 10.000/liter                                         Rp.      20.000
2.      Bahan-bahan
-          Terigu 3 kg x 10.000                                                         Rp.      30.000
-          Telur 2 kg x 14.000                                                           Rp.      28.000
-          Gula 2 kg x 10.000                                                            Rp.      20.000
-          Garam 1 bungkus                                                              Rp.        2.000
-          Soda Kue                                                                           Rp.        3.000
-          Blue band                                                                          Rp.        5.000
-          Pewarna kuning                                                                 Rp.        3.500
-          Fermipan                                                                           Rp.        3.500
-          Kacang tanah ½ kg                                                            Rp.        5.000
-          Mesis                                                                                 Rp.        5.000
-          Susu kental manis                                                             Rp.        8.000
3.      Kardus nasi 100 buah x 500                                                   Rp.      50.000
4.      Gaji tenaga karyawan                                                             Rp.      40.000
5.      Biaya listrik 1 bulan x 50.000                                                Rp.      50.000
6.      Biaya pembuatan brosur                                                        Rp.      30.000
Total Biaya Variabel                                                               Rp.    302.500
Total Biaya Produksi                                                              Rp.    446.832
3.4  Penerimaan per bulan = (Harga jual x unit)
= Rp. 5.000 x 100
= Rp. 500.000.00
3.5  Keuntungan per bulan = Total penerimaan – total biaya operasional
= Rp. 500.000.00 – Rp. 446.832
= Rp. 53.168.00
3.6  % R/L=  keuntungan         x 100 %
         Total penjualan

    =  Rp. 53.168.00 x 100 %
         Rp. 500.000.00
    = 10.63 %
BAB IV
KESIMPULAN
Harapan saya untuk produk “Martabak Bangka” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu saya mengharapkan supaya makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar